Mengembalikan tampilan Photo Viewer lama Facebook


Tadi pagi saat di kantor, temenku tanya ke aku gini, “hee..aku takon yo, yaopo iki carane ngesave gambar soko album fotone facebook? diklik kanan gak ono pilihane save image as.. benakno poo..“, kalau diterjemahkan ke bahasa indonesia gini, “he.. aku tanya ya, gimana ini cara ngesave gambar dari album fotonya facebook? diklik kanan gak ada pilihan save image as.. tolong beneriin ya”.

Facebook Photo Theater Mode

Pasti diantara kalian ada yang mengalami masalah kayak gini semenjak tampilan Photo Viewer punya Facebook ganti yang baru, atau bisa disebut Theater mode. Memang dengan User Interface yang sekarang kecepatan menampilkan gambarnya lebih bagus dari yang lama, tapi kalo ada pengguna yang pengen menyimpan gambarnya gimana? Sebenarnya bisa diakali dikit dengan melihat page infonya, tapi terlalu ribet dan agak susah bagi yang gak terbiasa. Teknologi baru ditujukan sebagai penyempurnaan teknologi sebelumnya, ada plus dan minus pastinya, yang jelas pasti ada pro dan kontra pada penerapannya.

Kali ini saya akan berikan sedikit trik bagi pengguna Facebook yang merindukan tampilan photo viewer yang lama. Ada dua cara yang bisa dilakukan, pertama dengan modifikasi alamat url di address bar dan satunya menggunakan addon mozilla grease monkey (bagi pengguna browser non mozilla gunakan cara 1 aja ya,, hehe).

Cara 1: MODIFIKASI ALAMAT URL

Cara ini mudah dilakukan, gak perlu install-install apapun cuma tinggal melihat tampilan url di address bar saat photo viewer facebook yang baru muncul. Kalau diperhatikan di akhir string url terdapat kata &theater, hapus saja dan enter maka tampilan viewernya kembali ke mode yang lama.. gampang kan.. :mrgreen:

hapus string &theater di akhir url

Cara 2: GUNAKAN ADDON MOZILLA FIREFOX: GREASEMONKEY DAN SCRIPT FACEBOOK PHOTO THEATER KILLER [MOZILLA ONLY]

Greasemonkey adalah addon mozilla yang digunakan untuk memodifikasi tampilan atau `kebiasaan` dari sebuah website menggunakan javascript, jadi greasemonkey ini berjalan pada sisi klien saja. Untuk menginstall addon ini silahkan kunjungi link berikut: GREASEMONKEY. Tekan tombol ijo Add to Firefox, biarkan progress install sampai selesai kemudian restart browser anda.

GreaseMonkey page at Mozilla Addon

Installasi GreaseMonkey

Setelah terinstall kunjungi situs Userscript untuk menginstall javascript yang digunakan untuk mematikan mode theater pada photo viewer facebook. Di situs ini menyediakan banyak script-script yang berguna, silahkan anda browsing sendiri untuk mencari apa script yang sesuai dengan anda. untuk script Facebook Photo Theater Killer dapat diinstall disini: THEATER KILLER.. Klik install maka greasemonkey akan fetching data script tersebut. Jika ingin melihat isi script tersebut klik show script source atau jika anda males melihat kode-kode yang bikin pusing mending langsung klik install saja.. haha. Proses installasi sudah selesai, jika ingin melihat hasil silahkan lihat saja foto album, maka tampilannya akan kembali ke mode lama. Jika pingin mengembalikan mode theater cukup klik kanan gambar monyet di kanan bawah firefox dan hilangkan centang pada menu facebook photo theater killer, hal ini akan menonaktifkan script tersebut.

Halaman Theater Killer di Userscript

Intallasi script Theater Killer

Enable or Disable script

Hasil akhirnya: VOILA!! the old look of Facebook Photo Viewer.. haha

tampilan lama photo viewer

Demikian trik dari saya, moga-moga berguna..

PS: Klik gambarnya jika kurang jelas :mrgreen:

facebook Photo Theater Killerr

facebook Photo Theater Killer

3 thoughts on “Mengembalikan tampilan Photo Viewer lama Facebook

  1. kalo pake Chrome gmn caranya ya???

    Cempluk 😀

    • Djamboe berkata:

      pertanyaaan gak mbejaji.. (sleeping)

      yo hapus ae mbak string &theater neng address bar-e.. 😀

  2. angeline berkata:

    thanks ya, sangat membantu infonya. 😉

Tinggalkan komentar